Ide bagi kelas dengan satu komputer.

Senin, 10 September 2007


Saat ini penggunaan teknologi informasi di dalam pembelajaran mulai dlakukan oleh banyak sekolah. Dalam pelaksanaan nya sekolah tidak hanya melengkapi diri dengan sebuah ruangan yang dijadikan sebagai kelas bagi pelajaran computer, namun ada juga yang membeli sesuai dengan jumlah kelas.

Tulisan ini akan membahas mengenai ide apa saja yang bisa diterapkan bagi kelas pembelajaran yang di dalamnya terdapat satu komputer.



Kesadaran sekolah untuk memasukkan aspek teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran, tidak lepas dari daya tarik yang dimiliki oleh teknologi ini. Banyak siswa yang merasa bahwa dengan pembelajaran yang menggunakan TIK mereka menjadi lebih gembira dan dan aktif sehingga mereka menjadi lebih memahami materi pembelajaran dalam suasana yang menyenangkan. Hal ini sangat berbeda apabila dibandingkan dengan pemeblajaran yang konvensional.

Guru sebagai fasilitator di kelas pun sangat terbantu disebabkan oleh sifat dari media ini yang interaktif. Tetapi guru pun ditantang untuk lebih mendayagunakan perangkat ini, jangan sampai perangkat ini dijadikan sarana siswa bermain saat sudah selesai mengerjakan tugas dari gurunya ini menjadikan computer yang ada di ruang kelas menjadi sarana siswa dan guru unuk lebih produktif dalam tugas dan perannya masing-masing.

Manfaat bagi guru dalam membantu guru dalam hal yang bersifat administrasi dan produktifitas guru

a. Membuat surat menyurat

b. Membuat lembar kerja siswa

c. Membuat puzzle atau teka-teki bagi siswa

d. Membuat display kelas

e. Membuat bulletin sekolah

f. Membuat sertifikat bagi siswa

g. Membuat pengumuman kelas

h. Membuat daftar nilai dan kehadiran.

Manfaat bagi siswa, sebaga sarana belajar dan memproduksi sesuatu, dengan system center mampu mengakomodir satu sampai lima siswa.

a. Sebagai pusat informasi, guru bisa menggunakan internet, CD ROM atau video

b. Sebagai pust aktivitas menjadi sarana bagi siswa mendalami program atau software tertentu.

c. Siswa bisa mengirim surat elektronik , mengetik, membuat database sederhana, atau membuat presentasi untuk keperluan tugas yang menjadi bagian dari pembelajaran.

Prinsip APRIKOD (akses, presentasi. informasi, komunikasi, produksi serta publikasi) oleh Annette Lamb (www.eduscape.com)

Dalam penggunaan satu computer untuk satu ruang kelas, guru bisa menggunakan metode APRIKOD. Berikut ini adalah penjelasannya

Akses

Guru bisa menggunakan sistem center di dalam kelas untuk memberikan peluang bagi siswa untuk menjadikan komputer sebagai sumber belajar. Caranya adalah dengan menempatkan satu sampai lima siswa pada satu komputer, jika lebih di khawatirkan tidak menjadi maksimal penggunaannya.

Presentasi

Guru bisa menggunakan komputer yang ada di dalam kelas untuk memotivasi siswa untuk lebih tertarik dengan sebuah topik atau konsep misalnya dengan menghadirkan gambar atau illustrasi. Komputer juga bisa digunakan untuk menstimulai debat, pemecahan masalah yang melibatkan siswa dalam pengambilan atau peninjauan keputusan.

Sementara siswa bisa menggunakn komputer untuk proyek pembelajaran yan bersifat multimedia atau sebagai alat bantu saat mempresentasikan sesuatu kepada warga kelas lainnya.

Pusat informasi

Apabila terdapat jaringan internet di sekolah guru dapat menggunakannya untuk hal yang bersifat professional development atau mencari bahan ajar sampai membuat blog. Siswa secara grup maupun secara individu dapat membaca atau menjadikan informasi yang ada di internet sebagai bahan penelitian. CD ROM juga dapat digunakan untuk keperluan ini.

Berkomunikasi

Dengan adanya jaringan internet serta komputer di dalam kelas, guru dapat berkomunikasi dengan sesama guru, kepala sekolah serta orang tua. Lewat surat elektronik siswa dapat menggunakan untuk berkirim surat kepada ahli mengenai sebuah tema yang sedang mereka pelajari atau melakukan proyek kolaborasi dengan sekolah lain.

Produksi dan publikasi

Bagi guru keberadaan computer dikelas dapat juga dipakai sebagaui sarana membuat blog untuk berbagi, membuat peta pemikiran, membuat presentasi dan membuat time line atau alur waktu untuk keperluan pelajaran.

Siswa dapat membuat majalah kelas, buku kelas, presentasi kelas, alur waktu, jurnal kelas, atau membuat peta pemikiran.

0 komentar: