Peran strategis guru komputer dalam pembelajaran di sekolah.

Rabu, 28 November 2007

Mata pelajaran komputer sudah banyak menjadi muatan lokal di sekolah-sekolah. Bahkan hal ini bisa menjadi daya jual bagi sekolah. Tidak jarang ditemukan gambar lab komputer pada brosur sekolah sebagai penarik minat calon orang tua murid. Dengan demikian pertanyaan menjadi timbul, apakah dengan adanya komputer di sekolah dapat menjadikan pembelajaran di sekolah menjadi lebih baik.


Contoh karya siswa


Pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) biasanya diajarkan secara terpisah. Namun sudah saat nya kita menjadikan TIK ini sebagai "alat" saat anak mencari pengetahuan dan mengekspresikan hasil belajar yang mereka dapatkan di akhir tema atau topik.Dengan adanya KTSP semua guru termasuk guru komputer diberi kebebasan untuk membuat silabusnya sendiri . Guru bidang studi TIK bisa dengan bebas memainkan perannya dalam mendukung pembelajaran di kelas. Dikarenakan biasanya mengajar lebih dari satu kelas atau satu tingkat. Ada beberapa hal penting yang bisa guru komputer lakukan, kaitannya dengan peningkatan mutu pembelajaran ;

1. Buatlah standar kompetensi anda sendiri. Hal tersebut penting mengingat sebagai pendidik kita butuh dasar pijakan. Bila anda memerlukan standar kompetensi TIK versi KBK 2004 sebagai bahan acuan silahkan klik disini.

Tetapi standar tersebut dibuat oleh diknas untuk bisa dipakai diseluruh sekolah di Indonesia. Jadi sangat ringkas dan mudah diterapkan. Tetapi Jika sekolah anda sudah terhubung dengan internet maka anda punya kesempatan untuk lebih berekspresi dalam membuat standar kompetensi.

2. Analisalah dokumen pembelajaran milik kelas-kelas yang anda ajar. Adakan diskusi formal maupun informal dengan gur kelas mengenai bagaimana TIK bisa lebih memaksimalkan hasil pembelajaran . Tunjukkan lah apa yang TIK bisa lakukan demi membantu keberhasilan pembelajaran apabila rekan anda terihat masih bingung.

3. Jalin komunikasi yang baik dengan guru kelas. Berikan gambaran mengenai apa yang anda lakukan dengan murid kelasnya. Cetak lah satu karya siswa yang sudah selesai untuk ditunjukkan padanya.

4. Jadilah mitra yang sabar dan pengertian saat dijadikan sebagai sumber belajar oleh guru-guru lainnya di sekolah. Banyak sekolah sudah mulai bergerak untuk menjadikan TIK sebagai alat bantu bekerja bagi guru dan alat pembelajaran. Satu hal yang sering terlewat adalah tidak adanya pelatihan bagi guru untuk menggunakan secara efektif. Ini dikarenakan pembiayaan untuk pengadaan perangkat TIK sudah memakan porsi yang banyak. Semakin anda mau berbagi ilmu, semakin guru-guru lain akan percaya diri dalam menggunakan perangkat TIK.

Contoh Intergrasi TIK yang bisa dilakukan (subyek integrasi mata pelajaran bisa disesuaikan)





























0 komentar: