Satu tahun ajaran lagi terlewati.

Senin, 09 Juni 2008

Tahun ajaran 2007 dan 2008 hampir lewat, silahkan memperhatikan 9 indikator dibawah ini untuk menjadikan kita guru yang lebih baik dari tahun ajaran kemarin.

Jika sebagai guru saya;
  • Masih menggunakan gaya dan isi pengajaran yang sama seperti yang saya gunakan diwaktu-waktu kemarin.
  • Saya tidak meminta umpan balik dari siswa mengenai cara mengajar saya
  • Saya tidak menganalisa dan menilai hasil pekerjaan siswa saya secara adil, berkala dan pantas.
  • Saya tidak berusaha mengunjungi kelas atau mengobservasi rekan guru lain
  • Saya tidak menjadikan karya anak didik saya sebagai bahan diskusi dengan rekan guru yang lain demi mendapatkan umpan balik, saran atau kritik.
  • Saya tidak mengunjungi sekolah lain, menghadiri pelatihan, seminar, atau membaca bahan bacaaan untuk meningkatkan wawasan cara mengajar saya.
  • Saya tidak mempersilahkan orang lain yang lebih berpengalaman untuk masuk dan melihat dan mengobservasi lalu memberikan umpan balik kepada saya mengenai cara saya mengajar.
  • Saya tidak mempunyai perencanaan pengembangan professional pribadi tahunan yang berfokus pada peningkatan cara belajar siswa.
  • Saya tidak mempunyai evaluasi penilaian cara mengajar saya yang sistematis dan disesuaikan dengan tujuan pribadi saya, kelas parallel saya dan ukuran yang ditetapkan dari sekolah.
Ini berarti kita belum layak menjadi guru yang lebih baik dari tahun ajaran kemarin. Namun jangan khawatir, beberapa dari faktor diatas merupakan tanggung jawab seluruh komunitas sekolah untuk membentuk sistemnya. Jadi di tahun ajaran depan silahkan ajukan hal diatas yang belum anda laksanakan kepada pihak pimpinan agar dibuat suatu sistem yang membuat kita sebagai guru selalu berupaya meningkatkan diri untuk menjadi guru yang lebih baik.

0 komentar: