Mari bertanya dan membuat pertanyaan.

Rabu, 07 November 2007

question mark

Dalam mengajar selain menerangkan materi pelajaran, guru juga ditantang untuk mampu bertanya dengan tidak asal bertanya. Aktivitas bertanya sepertinya sebuah hal yang sederhana, padahal dengan bertanya kita dapat mengetahui apakah siswa mampu menangkap apa yang kita sampaikan dan sejauh mana pembelajaran kita membuat dirinya tertarik.



Berikut ini adalah ciri pertanyaan yang baik.

Sebuah pertanyaan yang baik harus mempunyai:

  • Alasan

  • Fokus

  • Kejelasan arah dan maksud

  • intonasi yang jelas.


Pertanyaan yang baik itu:

  • Menantang

  • Mengejutkan

  • Memelihara hubungan keilmuwan dengan siswa

  • Menstimulasi

  • Menerbitkan perasaan ingin tahu yang lebih lanjut


Mengapa sebagai guru kita harus sering membudayakan mutu bertanya yang baik

1. Menjadi tanggung jawab kita untuk bertanya

2. Mengevaluasi pengejaran kita (sejauh mana anak mengerti)

3. Mengevaluasi tingkat kemajuan siswa

4. Membimbing siswa kepada pengertian baru

5. Melatih siswa menggunakan skill high order thinking (transformasi dari informasi menjadi ide)

6. Meningkatkan mutu belajar mengajar

7. Melatih siswa untuk berbicara dengan alur.

8. Memupuk kebiasaan medengarkan siswa, apa yang dirasakan dan pikirkan.

9. Merangsang minat dan membangkitkan kesadaran siswa terhadap sebuah masalah.

10. Memupuk pendekatan pemecahan masalah dalam pembelajaran

11. Membantu siswa mengemukakan pendapat tantang apa yang diketahuinya dan apa yang dimengerti oleh siswa tersebut.

12. Mengajak anak berpikir dengan keras dan berkonsentrasi pada tugas yang diberikan.

13. Membantu siswa belajar dari satu sama lain saat yang sama menghormati dan mengevaluasi sumbangan pemikiran dari rekan

14. Memperdalam tingkat pemikiran siswa dan kemempuan siswa dalam berpikir secara konseptual.

(Disarikan dari berbagai sumber)

0 komentar: