Refleksi dari pelatihan pembelajaran berbasis proyek (project based learning)

Kamis, 15 Mei 2008



Sabtu tanggal 10 Mei 2008 adalah hari yang bersejarah buat saya. Di hari tersebut saya mendapat gambaran dari hal-hal yang saya pikirkan selama menulis dalam blog ini. Sebuah gambaran yang jelas menarik dan memberikan motivasi. Gambaran itu adalah betapa negara kita mempunyai guru-guru yang berdedikasi dan mempunyai semangat untuk selalu belajar dan meningkatkan diri.



Dihari tersebut saya diundang oleh Sampoerna Foundation Teacher Institute untuk berbagi dengan guru-guru SMP negeri dari segenap penjuru Jakarta dalam program Adopt Teacher mengenai bagaimana pembelajaran berbasis proyek di jalankan. Sebuah tugas yang tidak ringan memang, dikarenakan saya harus terlebih dahulu merubah paradigma guru-guru yang hadir. Namun ternyata tugas tersebut tidak sesulit yang saya bayangkan karena ternyata malah saya yang harus belajar merubah beberapa cara pandang saya terhadap perubahan.

Dari guru-guru yang hadir saya belajar banyak sekali tentang bagaimana melakukan hal yang terbaik bagi siswa kita ditengah keterbatasan. Cara mereka menyiasati perubahan membuat saya makin optimis bahwa pendidikan Indonesia bisa maju karena saya percaya bahwa lokomotif perubahan dalam dunia pendidikan di kendarai oleh guru-guru yang berdedikasi dan berkomitmen serta mau mengusahakan yang terbaik untuk siswanya.

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bpk. Firman Fridayanto (staff dan fasilitator dari SFTI) yang telah banyak membantu saya demi terlaksananya pelatihan ini.

Silahkan lihat foto pelatihan pada widget blog ini

0 komentar: