Menciptakan suasana kelas yang mendukung bagi suasana pembelajaran di sekolah dasahttp://www.blogger.com/img/gl.align.full.gifr.

Sabtu, 12 Januari 2008

Saat sedang mengajar guru tidak hanya dihadapkan pada tantangan untuk menampilkan pembelajaran yang kreatif namun juga tantangan untuk mengendalikan perilaku siswa. Perilaku yang harus dikendalikan adalah perilaku yang membuat gaduh, mencari perhatian dan membuat si pelaku dan seluruh kelas menjadi tidak berkonsentrasi saat menerima pembelajaran.Guru juga menjadi mudah emosi dan tidak konsentrasi saat mengajar.



Dibawah ini adalah resep yang menurut saya patut dicoba untuk menciptakan suasana kelas yang mendukung pembelajaran.

1. Episode anda diruang kelas mulai pada saat anda memasuki atau siswa masuk ke kelas anda. Untuk itu tunjukkan paras muka yang optimis dan siap mengajar. Senyum adalah bahasa tubuh yang paling baik.

2. Gunakan suara ‘didalam ruangan' saat mengajar, tidak terlalu pelan dan tidak berteriak. Apabila anda bersuara pelan maka siswa secara alami akan ribut dan membuat kegaduhan. Bila anda berteriak maka anda harus berpikir ulang merubah mata pelajaran yang anda ajarkan sekarang untuk menjadi guru physical education atau guru olah raga.

3. Aturlah tempat duduk dikelas anda dengan duduk berkelompok, anda menjadi punya celah untuk ke sudut kelas sekalipun dengan mudah untuk mengontrol siswa.

4. Lakukan control terhadap siswa tetapi juga memotivasi siswa agar siswa menjadi mandiri.

5. Jangan membawa suasana hati anda dari rumah, anda jadi lebih mudah emosi. Bila sebagai guru anda sudah emosi maka suasana kelas menjadi patuh yang ‘semu'.

6. Buatlah peraturan kelas . 5 buah minimum dan 10 buah maksimum

7. Konsisten saat menerapkan dan menjatuhkan konsekuensi.

8. Buat diri anda menjadi role model dari peraturan tersebut.

9. Setiap memutuskan sesuatu di kelas selalulah memberikan alas an untuk setiap keputusan.

10. Ciptakan suasana kelas dua arah, siswa boleh bicara asal menunjuk tangan (jadikan hal tersebut sebagai salah satu peraturan dikelas rendah)

11. Ciptakan suasana saling menghargai, minta siswa mendengarkan anda saat sedang berbicara, serta minta seluruh kelas menghargai apabila ada temannya yang berbicara atau memberikan ide.

12. Minta kelas untuk mentaati semboyan ‘hanya ada satu orang yang berbicara'

13. Apabila ada siswa yang membuat gaduh bersikap lah tegas tapi ramah saat bersamaan doronglah siswa untuk merubah sikap negatip,

14. Berikan juga penguatan dan motivasi positip, berkonsentrasi lah pada perilaku postif siswa bukan pada perilaku negatip siswa.

15. Carilah artikel mengenai perilaku siswa dan tingkatkan terus kecerdasan emosi anda.

16. Rencenakan lah pembelajaran anda dengan baik, gunakan perencanaan mingguan.

17. Kenali siswa anda dan lakukan komnikasi yang baik dengan mereka.

18. Perlakukan siswa sebagai individu.

Akhirnya sebuah kelas yang baik juga bukan kelas yang sunyi senyap, tapi kelas yang ‘hidup' yang didalamya guru dan siswa saling menghargai sehingga aktivitas pembelajaran dapat dilakukan dengan baik tanpa gangguan perilaku ataupun kegaduhan

0 komentar: