Integrasi bidang studi anda dengan TIK ..siapa takut?

Senin, 10 Desember 2007

Membaca tanggapan mengenai artikel saya tentang peran strategis guru TIK, ternyata ada semacam sikap baru yang mulai terbentuk di kalangan pengajar TIK untuk berperan serta membantu suasana kelas agar tercipta sebuah kelas yang menyenangkan. Di kalangan pendidik yang tidak mengajarkan TIK pun mulai terbuka pemikirannya bahwa teknologi ada untuk digunakan. Walaupun (meniru sebuah iklan penyelenggara layanan komunikasi) dengan berbagai macam syarat dan ketentuan berlaku.

Saya jadi ingat pengalaman adik teman saya saat belajar mengoperasikan computer dengan gurunya. Suatu kali gurunya dibuat marah oleh adik teman saya itu. Saya bertanya kenapa sampai sang guru marah seprti itu, tenyata dirumah teman saya mengajarkan sebuah keteampilan baru yaitu mencetak dokumen dengan short cut ctrl p. Sang guru marah karena menurutnya jalan yang baik adalah klik file dan seterusnya. Guru tersebut harus nya bersyukur karena murid nya sudah kreatif dan mau mencoba cara lain dalam mempraktekkan sebuah keterampilan baru.

Ilustrasi diatas bisa kita jadikan gambaran bahwa para pendidik, apakah dia mengajar TIK atau bukan harus sudah mulai untuk membuka diri bahkan memulai sebuah perjalanan (journey) dalam mengaplikasikan TIK dengan anak didiknya. Layaknya sebuah perjalanan maka ada hal yang mesti dipersiapkan dan dibuat perencanaanya

Mari kita bahas hal apa saja yang penting dalam mengaplikasikan integrasi TIK dengan semua bidang studi yang diajarkan kepada siswa (Matematika, IPS, Sains dan lain-lain)

1. Tujuan pembelajaran

  • Apa tujuan pembelajaran yang ingin anda capai dan ingin anda lihat saat siswa mempelajari subyek mata pelajaran anda dibantu dengan perangkat TIK.

  • Bagaimana dengan peringkat kecakapan siswa dalam menggunakan perangkat TIK yang ingin anda pakai?

  • Apakah mereka sudah menguasai atau belum.

  • Apakah harus ada waktu latihan dulu untuk memakai.


2. Tipe penugasan dan aktivitas.

  • Apakah siswa hanya meyelesaikan soal (problem) yang anda buat

  • Apakah anda menyiapkan skenario untuk siswa jalankan

  • Di akhir pembelajaran apakah siswa harus membuat sebuah produk? (bisa presentasi, poster , video klip atau brosur)

  • Apakah memberikan pengaruh yang nyata bagi perkembangan akademik siswa, jadi tidak hanya semata keasikan dalam penggunaan perangkat TIK saja.

  • Apakah anda menitik beratkan pada proses atau isi pembelajaran yang lebih penting

  • Berikan siswa jurnal, agar anda lebih mudah memonitor pekerjaannya.

  • Apakah tugas yang anda berikan mengakomodir gaya belajar siswa anda


3. Pengelompokkan

  • Berpasangan, yang sudah cakap penguasaan teknologinya dipasangkan dengan yang belum biasa menggunakan (peer mentor)

  • Kerja sama dalam grup kecil

  • Proyek pribadi

  • Proyek seluruh kelas

  • Anda sebagai model, lalu siswa mengikuti saja


4. Teknologi apa yang ingin dipakai

  • Pengolah kata (Ms word)

  • Situs Internet (apakah sudah di catat alamatnya, apakah pantas bagi umur siswa anda?)

  • Spreadsheet (Ms excel)

  • Presentasi (Kidpix dan Powerpoint)

  • Multimedia (video klip)

  • Publishing (Ms Publisher)

  • Email (gunakan gmail, anda bisa menambah nama siswa di belakang account anda)

  • Scanner

  • Digital kamera

  • Video digital


5. Penilaian

  • Apakah penilaian nya bersifat transparan

  • Adakah kesempatan siswa untuk melakukan refleksi atas apa yang sudah dilakukan selama proyek berlangsung. Kelebihan serta kekurangan apa saja yang perlu diperbaiki.

  • Tipe penilaian yang bisa digunakan; rubric, check list, portfolio, penilaian pribadi dan teman, test, observasi dan interview

0 komentar: