Memilih tayangan video (vcd dan dvd) untuk pembelajaran.

Senin, 07 Januari 2008

Anda pernah menonton film kartun Lion King? Sebuah film kartun produksi studio kartun Walt Disney tahun 1994. Film tersebut baik sekali untuk memberi contoh siswa mengenai rasa tanggung jawab, kasih sayang orang tua yang tulus serta kemauan untuk berubah. Sebenarnya ada banyak film mengenai pembelajaran atau film yang menghibur sekaligus memberi contoh yang baik yang bisa kita gunakan dalam pembelajaran. Mungkin siswa kita sudah menontonnya lebih dahulu di rumah, tetapi akan lain rasanya bila menonton nya bersama-sama di sekolah. Apalagi jika sebelum atau setelah menonton film, guru memberikan gambaran mengenai moral cerita film tersebut atau menghubungkannya dengan subyek pembelajaran yang sedang dilakukan dikelas.



Ada banyak macam vcd maupun dvd yang bisa kita lihat bersama-sama dengan siswa. Namun sebelum memilih tayangan perhatikan kode yang ada di bungkus vcd atau dvd yang telah anda pilih. Karena walaupun kita pikir sebuah film bagus, belum tentu layak dilihat oleh siswa kita di sekolah.

G - General Audience - boleh dilihat oleh semua lapisan umur.

PG - Parental Guidance suggested - atau BO bimbingan orang dewasa

M, PG - 13 - Parental Guidance recommended - BO usia 13 tahun sebaiknya ditemani oleh orang dewasa

MA - Mature audiences only - D dewasa

R, NC-17, X - video jenis ini terlarang untuk dilihat di lingkungan sekolah.

Usahakan untuk terlebih dahulu melihat video yang anda telah pilih sendirian, berlakulah seperti anda sedang menontonnya bersama dengan siswa anda di sekolah. Setelah itu berkonsultasilah bersama dengan rekan anda atau pustakawan di sekolah anda. Apakah pantas atau cocok film itu dilihat, hubungannya dengan pembelajaran yang anda lakukan dikelas.

Apakah diantara rekan guru ada yang mengetahui film apa saja yang cocok untuk dilihat di kelas bersama siswa silahkan berbagi lewat kolom komentar. Terima kasih sebelumnya.

0 komentar: